Kirab Kubro, Awali Rangkaian Kegiatan Haul Syekh Jumadil Kubro ke 642 Tahun 2017

Kirab Kubro, Salah satu rangkaian acara dalam kegiatan Haul Syekh Jumadil Kubro ke 642 Tahun 2017 kembali digelar, Kamis (5/10). Kirab atau arak arakan ini berupa berbagai macam gunungan mulai tumpeng agung, tumpeng aneka hasil bumi hingga tumpeng berupa jajanan pasar, tak ketinggalan juga barisan Walisongo, para prajurit Majapahit, santri, pembawa kendi 7, pembawa jajan pasar, Tumpeng Songo, Panji Poncowarno hingga kebesaran  Panji gulo klopo yan merupakan cikal bakal dari bendera merah putih. Kirab kubro ini sendiri diberangkatkan atau start dari Pendopo Agung Trowulan dan Finish di Halaman makam Troloyo Desa Sentonorejo Kecamatan Trowulan.

Setibanya di Halaman Makam Troloyo, arak arakan yang dipimpin oleh seorang “cucuk lampah”atau pembuka jalan memberikan laporan kepada Wakil Bupati Mojokerto, Pung Kasiadi, SH yang sekaligus didaulat untuk menerima panji gulo klopo sekaligus membacakan kaluhuran atau silsilah dari Syekh Jumadil Kubro.

Setelah pembacaan Doa yang dipimpin oleh pemuka agama setempat, Wakil Bupati Mojokerto diberikan kehormatan untuk memotong tumpeng agung dan diserahkan kepada Tokoh Masyarakat atau sesepuh Desa Sentonorejo. Setelah pemotongan tumpeng selesai Ribuan masyarakat langsung menyerbu untuk berebut berbagai gunungan yang disediakan. masyarakat percaya bahwa mendapatkan gunungan yang telah didoakan akan mendapatkan berkah.

0 Komentar

Kirim Komentar